3 Antivirus paling ringan dan terbaik buatan Indonesia

Antivirus paling ringan dan terbaik buatan Indonesia – Hingga awal tahun 2017 ini, antivirus lokal seperti PCMAV, ANSAV dan SMADAV masih menjadi antivirus primadona bagi penggguna PC dan Laptop di Indonesia. Ketiga jenis antivirus ini masih tetap eksis dan banyak digunakan karena para foundernya terus mengembangkan dan memperbaharui sistem engine maupun database antivirusnya.

Tidak hanya di dalam negeri, akhir-akhir ini penggunaan ketiga antivirus tersebut sudah merambah ke berbagai negara. Contohnya antivirus SMADAV banyak pengguna yang berasal dari luar negeri. Ini semua berkat kerja tim yang solid yang terus berupaya mengembangkan kemampuan SMADAV.

Sebenarnya ketiga antivirus ini hanya sebagai antivirus tambahan saja bukan sebagai antivirus utama (Avira, AVG, Norton, Avast, dll). Fungsinya sama saja, perbedaanya terletak pada kemampuannya membasmi virus lokal secara tuntas. Sedangkan antivirus utama akan menangani virus Internasional yang menyerang perangkat anda.

Pada artikel ini saya akan mereview ketiga antivirus terbaik dan ringan untuk Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10.  Review ini berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan antivirus tersebut.

Antivirus terbaik dan ringan untuk Windows XP, Vista, 7, 8, 10

Antivirus paling ringan dan terbaik buatan Indonesia

1. PCMAV (PCMedia Antivirus)

Keunggulan PCMAV sebagai antivirus paling ringan sudah sudah saya bahas pada postingan sebelumnya. PCMAV pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 oleh sebuah tim dari majalah PCMedia. Kemudian antivirus ini menjadi pelopor lahirnya antivirus lokal lainnya. Sampai sekarang PCMAV masih menunjukkan eksistensinya di dunia antivirus lokal.

Kemampuannya mencegah dan membersihkan sebagian virus lokal hingga tuntas tanpa menghapus dokumen lainnya tentu menjadi sebuah keunggulan yang dimiliki PCMAV. Anda harus sering mengupdate antivirus ini agar kemampuan melakukan scanning varian virus terbaru semakin jitu.

Melalui situs resminya tim PCMAV mengatakan, antivirus ini sangat direkomendasikan untuk dijalankan bersamaan dengan antivirus CLAMAV (antivirus buatan luar negeri), tetapi sangat tidak disarankan dijalankan dengan antivirus lainnya.

Kemampuan PCMAV yang hanya mampu dijalankan bersamaan CLAMAV akan menjadi sebuah kekurangan bagi antivirus paling ringan ini. Semoga kedepannya para foundernya mau mengembangkan lagi sehingga dapat disandingkan dengan berbagai antivirus global lainnya.

Silahkan kunjungi web PCMAV untuk mendownload versi terbaru: www.pcmav.net/download

2. ANSAV antivirus

Antivirus Ansav termasuk salah satu antivirus paling ringan dan mulai dikenal publik sejak oktober 2006. Antivirus Ansav memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki antivirus lokal lainnya. Yang paling menonjol adalah sistem proteksinya yang sangat sensitif dan benar-benar tertanam sempurna di komputer. Akibatnya dimana saja ada akses terhadap file maka akan langsung discan Ansav.

Selain itu Ansav memiliki Plug-In (Add-on) yang bisa diciptakan oleh siapapun yang ingin membantu perkembangan tool pada Ansav. Ansav juga mempunyai teknik heuristik yang cukup banyak sehingga dapat mendeteksi virus dan tidak hanya bergantung pada database saja.

Meskipun tim ANSAV memaparkan berbagai ketangguhan antivirus buatannya, pada kenyataanya tetap saja masih ada virus yang belum di bisa basmi. Saya pernah menggunakan Ansav pada windows XP dan ternyata tidak dapat di padukan dengan antivirus Avira (antivirus merk lain belum saya coba). Penyebabnya windows XP pada laptop saya saat dinyalakan menjadi blank. Mungkin pada versi terbaru Ansav tidak lagi demikian.

Kekurangan lainnya adalah pada pembersihan virus, Ansav tidak melakukan pembersihan tuntas dengan melakukan pembersihan registry secara otomatis setelah virus terbunuh. Jadi setelah komputer dibersihkan menggunakan Ansav akan menyisakan beberapa kerusakan oleh virus yang belum diperbaiki.

Silahkan kunjungi web ANSAV untuk mendownload versi terbaru di http://ansav.software.informer.com

3. SMADAV antivirus

Smadav mulai muncul pada Maret 2007 dan pada awal 2009 mulai menunjukkan peningkatan pengguna yang signifikan. Kini pada tahun 2017 pengguna antivirus Smadav telah lebih dari 8 juta pengguna komputer baik dalam maupun luar negeri. Sebuah angka yang fantastis bagi pendatang baru.

Kelebihan Smadav adalah pada scanning yang sangat cepat dan proteksinya yang ringan sehingga tidak banyak menggunakan resource komputer. Smadav mempunyai fitur-fitur manual sebagai senjata melawan virus lokal. Jika user menguasai fitur-fitur manual ini maka semua virus lokal akan dapat dibersihkan walaupun belum terdeteksi oleh Smadav.

Sampai saat ini saya masih setia menggunakan antivirus SMADAV karena sistem proteksi Smadav dapat digabung sempurna dengan antivirus global manapun. Proteksi Smadav juga mampu mendeteksi hampir semua virus yang hinggap di Flashdisk. Walau tanpa update sekalipun, Smadav dapat menggunakan (teknik heuristik) kecerdikannya untuk mendeteksi file virus.

Silahkan kunjungi web SMADAV untuk mendownload versi terbaru di www.smadav.net

Demikianlah review singkat mengenai 3 Antivirus paling ringan dan terbaik buatan Indonesia semoga anda dapat menentukan antivirus mana yang paling cocok dengan pc/laptop kesayangan anda. Bisa saja pembasan diatas berbeda dengan apa yang anda temukan setelah menggunakan salah satu antivirus tersebut. Apakah anda punya pengalaman yang sama dalam menggunakan antivirus paling ringan ini? Silahkan berkomentar.

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

57 − = 50