Cara mematikan antivirus AVG untuk sementara

Cara mematikan antivirus AVG untuk sementara – Sewaktu menginstal aplikasi di komputer mungkin anda pernah menemukan peringatan dari AVG jika aplikasi tersebut adalah virus. Walaupun sebenarnya itu bukan virus, sehingga aplikasi tersebut dihapus oleh antivirus AVG.

Saya pernah mengalaminya ketika menginstall driver tertentu. Installer driver tersebut menyarankan agar semua program yang sedang running perlu dimatikan terlebih dahulu agar tidak terjadi gangguan saat proses instalasi driver berlangsung. Pada antivirus AVG, fitur Resident Shield merupakan modul utama yang perlu dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Contohnya ketika saya menginstall Fastone Image Viewer, pada saat membuka file installernya malah dianggap sebagai virus oleh AVG. Jika sudah terdeteksi sebagai virus maka aplikasi tersebut tidak bisa diinstall lagi kecuali dengan satu cara yaitu dengan mematikan antivirus AVG terlebih dahulu.

Cara mematikan antivirus AVG di tab menu Option AVG

Cara mematikan antivirus AVG sebenarnya sangat mudah jika anda mau sedikit teliti membuka pengaturan opsinya. Untuk sementara waktu anda bisa menemukannya pada tab menu Option. Dibawah ini ada cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mematikan antivirus AVG. Perhatikan gambar berikut ini:

cara mematikan antivirus AVG

Caranya:

  1. Silahkan buka antivirus AVG anda
  2. Klik pada tab menu OPTIONS di pojok kanan atas AVG
  3. Pilih ADVANCED SETTINGS
  4. Setelah muncul jendela baru, lihat pada kolom menu sebelah kiri klik pada COMPUTER PROTECTION dan pilih AntiVirus
  5. Lihat di menu sebelah kanan, klik untuk hilangkan tanda conteng ENABLE RESIDENT SHIELD
  6. Lalu klik tombol Apply dan OK
  7. Antivirus AVG anda telah dimatikan untuk sementara.

Jika AVG sudah nonaktif maka, icon AVG di pojok kanan bawah layar/ taskbar akan muncul tanda seru kuning. Sekarang setelah AVG nonaktif, silahkan install aplikasi yang Anda inginkan. Sebab AVG tidak akan memblokirya lagi. Lalu setelah aplikasi yang anda inginkan telah terinstal, aktifkan kembali AVG di komputer anda dengan mengulang cara di atas, dan centang pada Enable Resident Shield.

Cara untuk mematikan anti virus ini AVG ini hanya untuk menemalisir agar anda tidak kebingungan lagi jika komputer anda di block oleh Anti Virus AVG. Tips cara-cara yang berada di atas tersebut tentunya anda sudah mengetahui tentang langkah-langkah tersebut, tinggal sekarang anda mencoba dan mempraktekkan tips cara tersebut. Jika dalam prakteknya masih tidak berhasil, coba diulangi sekali lagi mungkin disitu anda kurang teliti dalam mempraktekkan langkah-langkah tersebut.

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 2