Cara mematikan antivirus Avira untuk sementara

Beberapa langkah mudah cara mematikan antivirus Avira untuk sementara yang bisa anda terapkan pada komputer PC/ Laptop anda.

Antivirus adalah sebuah aplikasi yang dijalankan pada komputer yang berfungsi untuk melindungi komputer dari serangan virus. Virus dapat membuat kinerja sebuah komputer menjadi sangat lambat, power sering mati dengan sendirinya, data banyak yang tidak bisa dibuka atau hilang maupun disembunyikan oleh virus.

Mengingat begitu nyata dan berbahayanya ancaman virus, sudah selayaknya komputer anda dilindungi oleh antivirus. Dengan antivirus komputer dapat terlindungi dengan baik, anda akan merasa aman dan nyaman dalam mengoperasikan dan penyimpanan data meskipun beberapa antivirus tidak mampu melakukannya dengan sempurna.

Nah, setelah anda tahu fungsi antivirus mengapa anda memilih untuk mematikannya?  berarti anda sudah siap menanggung resiko yang akan terjadi. Atau mungkin anda sudah memiliki trik rahasia yang dapat mengatasi/menghalangi virus masuk ke perangkat komputer anda?

Alasan mematikan antivirus Avira

Menurut hasil survei yang pernah dilakukan oleh Prime Link Communication ternyata sebanyak 25% pengguna komputer di seluruh dunia memilih mematikan antivirusnya. Sebagian besar beralasan antivirus hanya menjadi beban sistem operasi PC/ Laptop sehingga memperlambat kinerja komputer yang mereka gunakan.

Selain itu file yang semestinya bukan virus bisa dianggap virus oleh si antivirusnya. Sehingga file terhapus maupun tersembunyi akibat ulah virus. Untuk mengembalikan file/ berkas yang terhapus atau terhidden dibutuhkan cara ekstra dan butuh pengetahuan lebih.

Oleh karena itu anda dituntut lebih selektif dalam menggunakan sebuah antivirus. Jangan sampai setelah menginstallnya malah menjadi bumerang buat anda sendiri.

Cara mematikan antivirus Avira untuk sementara

Mematikan antivirus Avira yang kita lakukan ini sifatnya hanya sementara. Jika anda ingin menghapusnya maka harus melalui Control Panel.

Cara kesatu mematikan antivirus Avira

  1. Buka antivirus Avira
  2. Perhatikan pada tab menu status ada menu PC Protection sebelah kanan
  3. Seret (deactivate) tombol warna hijau muda ke kanan untuk mematikan fitur Real-Time Protection

cara mematikan antivirus avira

Cara kedua mematikan antivirus Avira

  1. lihat ke ikon menu pojok kanan bawah monitor anda (menu taskbar)
  2. klik kanan pada ikon Avira lalu pilih/hilangkan tanda conteng pada Enable Real-Time Protection

Cukup mudah bukan bagaimana cara mematikan antivirus Avira?

Alternatif bagi anda yang tidak ingin menggunakan antivirus dengan alasan membuat performa komputer berat adalah dengan tidak mendownload software antivirus melalui situs-situs berbahaya. Jika anda curiga dengan software yang anda download, jangan didownload! dan jangan buka link dari email-email yang anda terima yang berasal dari orang-orang yang anda tidak kenal.

Pengguna Windows 8 dan 10 tidak perlu antivirus tambahan

Kabar baik pengguna windows 8.1 dan windows 10, antivirus Windows Defender sudah terpasang secara bawaan pada sistem. Pada windows 7 juga ada dengan nama MSE (Microsoft Security Essential) tetapi anda harus mendownload secara manual di situs Microsoft. Jadi, hanya dengan antivirus bawaan windows pun, komputer kita sudah lebih dari cukup untuk menghadang virus dan malware yang menyerang, asalkan windows defender / MSE dalam keadaan selalu up to date.

Setelah mengetahui berbagai ancaman yang mengintai komputer anda, apakah anda masih memilih untuk mematikan antivirus Avira? Dengan mematikan antivirus avira berarti anda sudah paham betul bagaimana cara mengatasi virus yang akan menyerang. Meskipun saya sendiri hingga detik ini memilih menggunakan 2 antivirus dalam satu komputer sekaligus, yaitu antivirus Avira dan Smadav. Ini merupakan pengalaman saya dalam menggunakan antivirus selama bertahun-tahun. Fungsi Avira untuk membasmi virus Internasional sedangkan Smadav unuk virus lokal yang belum mampu terdeteksi oleh Avira (karena Smadav antivirus buatan Indonesia).

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

30 − 22 =