Cara mematikan antivirus Windows 10

Cara mematikan antivirus Windows 10 – Antivirus Windows Defender merupakan antivirus bawaan Windows 10. Pada prinsipnya sama dengan antivirus lain seperti AVG, Avast atau Avira Free karena konsepnya memberikan layanan gratis.

Yang perlu anda perhatikan pada penggunaan antivirus gratis adalah keterbatasan fitur yang diberikan. Biasanya antivirus gratis tidak memberikan perlindungan ekstra seperti firewall, email security, dan antispam. Tetapi bagi pengguna Windows Defender yang jika anda menggunakan OS Windows original maka anda akan mendapatkan Windows Defender Microsoft Security Essential dan Windows firewall secara gratis.

Tetapi pada kenyataan banyak pengguna Windows 10 masih menggunakan antivirus pihak ketiga seperti AVG, Avast, Avira dan lainnya. Padahal pada OS Windows 10 sudah memiliki antivirus Windows Defender secara default. Mungkin pengguna Windows 10 banyak yang belum mengetahui bagaimana kemampuan Windows Defender ini sehingga menginstall antivirus lainnya. Tentunya sebelum menginstall antivirus baru anda perlu mematikan antivirus Windows 10 ini agar antivirus baru tersebut berjalan lancar.

Cara mematikan antivirus Windows 10 (Windows Defender)

Nah disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mematikan antivirus Windows 10 dengan 4 langkah mudah dan cepat. Sebelum anda memutuskan mematikan antivirus bawaan Windows 10 ini harap dicatat, dengan mematikan Real-Time Protection bukan berarti fungsi Windows Defender akan mati sepenuhnya. Ketika Windows 10 mendeteksi ada masalah dengan Real-Time Protection maka secara otomatis OS Windows akan mengaktifkan Windows Defender Real-Time Protection kembali setelah 10 menit kedepan.

Jika anda ingin mematikan fitur Real-Time Protection sepenuhnya, maka perhatikan langkah-langkah berikut ini seperti pada gambar:

cara mematikan antivirus windows 10

  1. Klik start menu lalu pilih settings yang bergambar roda gigi, atau tekan tombol logo Windows+I untuk membuka Windows settings dengan cepat
  2. Pada Windows setting scoll kebawah cari dan pilih menu Update & Security
  3. Klik menu Windows Defender
  4. Pada kotak sebelah kanan matikan fungsi Real-time protection dengan menyeret tombol biru ke posisi Off
  5. Lalu muncul peringatan bahwa antivirus Windows Defender telah dimatikan (lihat kotak warna merah)

Mudah bukan cara mematikan antivirus Windows 10? Silahkan bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah. Terimakasih.

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 5